Sabtu, 30 Mei 2020

Pentingnya Eject Pada Flashdisk Ke Komputer

 

        Dengan semakin canggihnya teknologi, hampir sebagian besar orang menggunakan komputer maupun laptop untuk bekerja dan untuk bertukar data, kebanyakan orang biasanya langsung mencabut flashdisk tersebut tanpa melakukan eject terlebih dahulu. Perlu kalian ketahui bahwa pentingnya eject flashdisk sebelum dilepaskan dari komputer maupun laptop.


        Semenjak ada flashdisk, kita bisa menyimpan dan membawa data dengan mudah tanpa harus merasa terbebani. Bahkan walau sudah masuk eranya cloud storage, flashdisk tetap masih menjadi media penyimpanan favorit pengguna komputer.

        Perlu kalian ketahui juga pentingnya eject flashdisk, namun sebagian orang belum banyak yang mengetahui fungsi dari eject pada flashdisk. Terkadang kita harus cepat-cepat dalam membuat tugas maupun bekerja dan melupakan eject pada flashdisk. Padahal, ketika kita mencolokkan flashdisk ke dalam port USB komputer atau laptop pasti kita melakukan aktivitas di kedua hardware tersebut. Misalnya aktivitas saling bertukar data atau copy – paste data. Saat melakukan copy – paste data file yang telah di copy – paste sebenarnya tidak langsung tersimpan pada flashdisk, melainkan masih berada di dalam cache memory.

        Kebanyakan orang melihat, proses pemindahan data sangat cepat, sehingga ketika membuka flashdisk atau explore flashdisk seolah – olah file yang sudah di copy sudah berada di tempat tersebut dengan utuh. Berikut ini ada beberapa hal mengenai pentingnya eject flashdisk sebelum dilepaskan.

1. Pertama, Menyebabkan Terjadinya Corrupted Pada File. Ketika kita copy – paste file yang    berkapasitas besar, kemudian melihat isi dalam flashdisk tersebut. Kita kira bahwa proses copy – paste sudah selesai, kemudian langsung mencabut flashdisk, maka ketika kita melihat di komputer yang lain file tersebut akan menjadi corrupt.

2. Kedua, Tidak Tahu Jika Masih Ada Aktivitas Dari Dua Perangkat. Ketika kita tidak melakukan eject, sementara proses copy – paste masih berlangsung, maka file yang kita copy tidak akan ter-copy seutuhnya ada beberapa data yang tidak lengkap dan tidak semua orang menyadarinya.

        Perlu kita cermati bahwa pentingnya eject flashdisk dikomputer maupun laptop, karena jika tidak meng-eject flashdisk dapat juga menyebabkan flashdisk rusak, jadi biasakanlah untuk eject flashdisk terlebih dahulu sebelum mencabutnya dari port USB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar